Kisi - Kisi Penilaian Akhir Semester | PAS Kelas 9 2020 - 2021 PAI
No | Standar Kompetensi / KI | Kompetensi Dasar | Materi Pokok | Indikator Soal |
1 | Memahami pengetahuan (faktual, konseptual dan procedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata | Memahami makna iman kepada Qadha dan Qadar | Iman Kepada Qada dan Qadar | Disajikan H.R. Bukhari dan Muslim bahwa Allah SWT membuat keputusan tentang penciptaan manusia peserta didik dapat menunjukkan maksud hadits tersebut dengan benar |
Disajikan ilustrasi tentang perilaku dalam kehidupan sehari-hari iman kepada qadha dan qadar peserta didik dapat menunjukkan dengan benar | ||||
Peserta didik dapat menjelaskan pengertian Qada secara bahasa dengan benar | ||||
Disajikan salah satu rukun Iman peserta didik dapat menunjukkan rukun Iman ke berapa dengan benar | ||||
Disajikan pernyataan tentang prilaku takdir mubram, peserta didik dapat mengidentifikasi dengan benar | ||||
Disajikan Q.S. Al A`raf : 34, peserta didik dapat mengidentifikasi Isi kandungan atau salah satu macam-macam takdir dengan benar | ||||
Disajikan ilustrasi tentang perilaku dalam kehidupan sehari-hari takdir Muallaq peserta didik dapat mengidentifikasi dengan benar | ||||
Disajikan beberapa dalil naqli peserta didik dapat mengidentifikasi dalil tentang iman kepada Qada dan Qadar dengan benar | ||||
Disajikan pernyataan tentang manfaat beriman kepada qada dan qadar, peserta didik dapat mengidentifikasi dengan benar | ||||
| | | | Peserta didik dapat menjelaskan kewajiban manusia tentang segala sesuatu yang telah di tentukan Allah SWT dengan benar |
2 | Memahami pengetahuan (faktual, konseptual dan procedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata | Memahami makna tata krama, sopan santun, dan rasa malu | Tata Krama, sopan santun dan Rasa Malu | Disajikan ilustrasi tentang perilaku dalam kehidupan sehari-hari peserta didik dapat mengidentifikasi pengertiannya dengan benar |
Disajikan contoh tata krama komunikasi lisan peserta didik dapat mengidentifikasi tata krama tersebut dengan benar | ||||
Disajikan beberapa pernyataan tentang tata krama berkomunikasi di media sosial, peserta didik dapat mengidentifikasi dengan benar | ||||
Disajikan beberapa pernyataan tentang tata krama dalam bersikap, peserta didik dapat mengidentifikasi dengan benar | ||||
Disajikan Potongan Q.S. Al A`raf (7) : 26 peserta didik dapat mengidentifikasi terjemahan potongan ayat tersebut dengan benar | ||||
Peserta didik dapat menjelaskan pengertian santun secara istilah dengan benar | ||||
Disajikan H.R. Ibnu Majah tentang Perilaku santun dan malu peserta didik dapat melengkapi terjemahan hadits tersebut dengan benar | ||||
Disajikan ilustrasi tentang perilaku santun dalam kehidupan sehari-hari peserta didik dapat mengidentifikasi perilaku tersebut dengan benar | ||||
| | | Peserta didik dapat menjelaskan pengertian malu secara istilah dengan benar | |
| | | Disajikan beberapa pernyataan tentang perilaku malu, peserta didik dapat mengidentifikasi dengan benar | |
3 | Memahami pengetahuan (faktual, konseptual dan procedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata | Memahami ketentuan penyembelihan hewan dalam Islam. | Ketentuan Penyembelihan Hewan | Disajikan beberapa pernyataan tentang ketentuan seorang penyembelih hewan peserta didik dapat mengidentifikasi ketentuan tersebut dengan benar |
Disajikan Potongan Q.S. Al Maidah (5): 3 peserta didik dapat mengidentifikasi terjemahan potongan ayat tersebut dengan benar | ||||
Disajikan pernyataan tentang tata cara penyembelihan hewan peserta didik dapat mengidentifikasinya dengan tepat | ||||
Disajikan beberapa pernyataan tentang tata cara penyembelihan secara tradisional peserta didik dapat mengidentifikasinya dengan benar | ||||
4 | Memahami pengetahuan (faktual, konseptual dan procedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata | Memahami ketentuan qurban dan aqiqah. | Qurban dan Aqiqoh | Disajikan pernyataan tentang ketentuan aqiqah, peserta didik dapat mengidentifikasi dengan benar |
Disajikan H.R. Ibnu Majah tentang tata cara pelaksanaan aqiqah, peserta didik dapat mengidentifikasi dengan benar | ||||
Disajikan pernyataan tentang ketentuan aqiqah, peserta didik dapat mengidentifikasi dengan benar | ||||
Disajikan pernyataan tentang perintah ibadah qurban peserta didik dapat mengidentifikasi dalilnya dengan benar | ||||
Disajikan beberapa gambar hewan qurban, peserta didik dapat mengidentifikasi dengan benar | ||||
Peserta didik dapat mengidentifikasi waktu pelaksanaan kurban dengan benar | ||||
5 | Memahami pengetahuan (faktual, konseptual dan procedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata | Memahami sejarah tradisi Islam Nusantara. | Sejarah tradisi Islam Nusantara | Peserta didik dapat menjelaskan pengertian budaya Islam dengan benar |
Disajikan ilustrasi tentang budaya Islam di Nusantara, peserta didik dapat mengidentifikasi prinsip-prinsip budaya Islam dengan benar | ||||
Disajikan ilustrasi tentang akulturasi tradisi/budaya Islam di Nusantara, peserta didik dapat mengidentifikasi dengan benar | ||||
Disajikan ilustrasi tentang akulturasi tradisi/budaya Islam di Nusantara, peserta didik dapat mengidentifikasi dengan benar | ||||
Disajikan tabel tentang beberapa akulturasi budaya Islam, peserta didik dapat mengidentifikasi dengan benar | ||||
Disajikan ilustrasi tentang salah satu kekayaan ragam Islam, peserta didik dapat mengidentifikasi dengan benar | ||||
Disajikan ilustrasi tentang tradisi Islam di Nusantara, peserta didik dapat mengidentifikasi dengan benar | ||||
Disajikan ilustrasi tentang tradisi Islam di Nusantara, peserta didik dapat mengidentifikasi dengan benar | ||||
Disajikan ilustrasi tentang tradisi Islam di Nusantara, peserta didik dapat mengidentifikasi dengan benar | ||||
Disajikan ilustrasi tentang tradisi Islam di Nusantara, peserta didik dapat mengidentifikasi dengan benar | ||||
6 | Memahami pengetahuan (faktual, konseptual dan procedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata | Memahami Q.S. al- HujurÄt/49: 13 tentang toleransi dan menghargai perbedaan dan Hadis terkait. | QS. Al Hujurat : 13 Toleransi dan Menghargai Perbedaan | Disajikan ilustrasi tentang perilaku tasamuh, peserta didik dapat mengidentifikasi dengan benar |
Disajikan ilustrasi tentang perilaku tasamuh dalam kehidupan sehari-hari, peserta didik dapat mengidentifikasi dengan benar | ||||
Disajikan kisah Rasulullah SAW tentang sikap tasamuh, peserta didik dapat mengidentifikasi dengan benar | ||||
Disajikan tanda-tanda waqaf, peserta didik dapat mengidentifikasi nama tanda-tanda waqaf tersebut dengan benar | ||||
Disajikan tanda waqaf, peserta didik dapat mengidentifikasi dengan benar | ||||
Disajikan tanda waqaf, peserta didik dapat mengidentifikasi pengertian tanda waqaf tersebut dengan benar | ||||
Disajikan tanda waqaf, peserta didik dapat mengidentifikasi pengertian tanda waqaf tersebut dengan benar | ||||
Disajikan potongan Q.S. Al Hujurat(49): 13, peserta didik dapat mengartikan potongan ayat tersebut dengan benar | ||||
Disajikan potongan Q.S. Al Hujurat(49): 13, peserta didik dapat mengartikan potongan ayat tersebut dengan benar | ||||
Disajikan H.R. At Tirmidzi tentang tasamuh, peserta didik dapat melengkapi terjemahan hadits tersebut dengan benar |