Kisi - Kisi Penilaian Akhir Semester | PAS Kelas 9 2020 - 2021 IPA
KI | KD | MATERI POKOK | Indikator |
Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata | 3.6 Menerapkan konsep kemagnetan, induksi elektromagnetik, dan pemanfaatan medan magnet dalam kehidupan sehari-hari termasuk pergerakan/navigasi hewan untuk mencari makanan dan migrasi. | Kemagnetan | Menyebutkan contoh binatang yang memanfaatkan medan magnet bumi |
Menyebutkan contoh feromagnetik, atau diamagnetik | |||
Disajikan gambar beberapa magnet batang, siswa dapat menentukan kutub – kutubnya bila diketahui interaksinya dan salah satu kutubnya | |||
Menyebutkan cara – cara manghilangkan kemagnetan bahan | |||
Disajikan gambar membuat magnet, siswa dapat menentukan interaksi dua magnet yang dibuatnya | |||
Menghitung besar gaya Lorentz | |||
Menganalisis terbentuknya kutub magnet batang yang dipotong menjadi dua bagian | |||
Menyebutkan cara –cara menimbulkan GGL Induksi | |||
Disajikan gambar, siswa dapat memilih pernyataan yang benar berdasar prinsip induksi elektromagnetik | |||
Menghitung tegangan sekunder pada transformator ideal | |||
3.7 Memahami konsep bioteknologi dan perannya dalam kehidupan manusia. | Bio Teknologi | Menjelaskan prinsip dasar bioteknologi | |
Menjelaskan perbedaan prinsip dasar pengembangan bioteknologi konvensional dan modern | |||
Menyebutkan mikro organisme pada salah satu produk bioteknologi pangan | |||
Menyebutkan jamur yang terlibat dalam pembuatan tempe | |||
Menyatakan tujuan pemberian hormon bovine somatitropin (bST) pada ternak. | |||
Mengemukakan alasan pemanfaatan bioteknologi modern dalam bidang pertanian | |||
Disajikan deskripsi proses penerapan bioteknologi peternakan, siswa dapat menyimpulkan teknik yang digunakan. | |||
Disajikan beberapa pernyataan tentang dampak negatif pemanfataan tanama transgenik, siswa dapat mengidentifikasi dampak terhadap lingkungan | |||
Menyebutkan bioteknologi yang diaplikasikan dalam bidang kesehatan | |||
3.8 Menghubungkan konsep partikel materi (atom ion, dan molekul), struktur zat sederhana dengan sifat bahan yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari, serta dampak penggunaannya terhadap kesehatan manusia. | Partikel Penyusun Benda dan Makhluk Hidup | Menjelaskan salah satu partikel penyusun benda dan tubuh makhluk hidup | |
Menyebutkan partikel-partikel penyusun atom | |||
Menentukan nomor atom berdasarkan gambar konfigurasi elektron | |||
Menyebutkan sifat – sifat kimia zat | |||
| |||
Memilih bahan untuk menurunkan titik beku | |||
Memilih bahan untuk keperluan tertentu sesuai sifat fisiknya | |||
3.9 Menghubungkan sifat fisika dan kimia tanah, organisme yang hidup dalam tanah, dengan pentingnya tanah untuk keberlanjutan kehidupan. | Tanah dan Keberlangsungan Kehidupan | Disajikan deskripsi pengamatan terhadap tanah, siswa dapat menyimpulkan keadaan tanah. | |
Menyebutkan peran organisme tanah | |||
Menentukan jenis tanah berdasarkan tekstur tanah | |||
Menyebutkan faktor – faktor pembentukan tanah | |||
Mengidentifikasi penyebab hilangnya mineral dan mikroorganisme dalam tanah. | |||
Mengidentifikasi berbagai komponen tanah yang berada di lingkungan | |||
Mengidentifikasi lapisan-lapisan tanah dan karakteristik tanah | |||
Menyebutkan proses alam yang menyebabkan perubahan sifat – sifat tanah | |||
3.10 Menganalisis proses dan produk teknologi ramah lingkungan untuk keberlanjutan kehidupan. | Teknologi Ramah Lingkungan | Mendefinisikan teknologi ramah lingkungan | |
Mengidentifikasi syarat – syarat teknologi ramah lingkungan | |||
Menyebutkan perbedaan bahan bakar fosil dan biofuel | |||
Mendeskripsikan pengolahan minyak bumi | |||
Menyebutkan keunggulan panel surya | |||
Memilih produk teknologi ramah lingkungan |