Kisi - Kisi Penilaian Akhir Semester | PAS Kelas 9 2020 - 2021 Bahasa Indonesia
NO | KOMPETENSI INTI | KOMPETENSI DASAR | MATERI POKOK | INDIKATOR SOAL |
| 3. Memahami pengetahuan ( faktual, konseptual, dan prosedural ) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata. | 3.3 Mengidentifikasi informasi berupa kririk, sanggahan, atau pujian dari teks tanggapan ( lingkungan hidup, kondisi sosial, dan / atau keragaman budaya, dll. ) yang didengar dan / atau dibaca. | Isi teks Isi teks Makna kata Simpulan Gagasan utama Objek tanggapan Isi teks Kalimat pujian Kalimat kritik Kalimat saran Tanggapan positif Hal yang ditangapi Bentuk tanggapan Ketidaksetujuan Keunggulan buku Kekurangan buku Bagian teks Bagian teks Jenis karya yang ditanggapi Kalimat mendukung Keberpihakan Penulis Kalimat tidak efektif Konjungsi antarkalimat Kata rujukan Konjungsi kausatif | 1. Disajikan sebuah paragraf, peserta didik dapat menentukan pernyataan yang terdapat dalam teks tanggapan dengan tepat. 2. Disajikan sebuah paragraf, peserta didik dapat menentukan jawaban sesuai isi teks dengan tepat. 3. Disajikan sebuah paragraf, peserta didik dapat menentukan makna kata yang terdapat dalam teks dengan tepat. 4. Disajikan sebuah paragraf, peserta didik dapat menentukan simpulan isi teks dengan tepat. 5. Disajikan sebuah paragraf, peserta didik dapat menentukan gagasan utama teks dengan tepat. 6. Disajikan sebuah paragraf, peserta didik dapat menentukan objek tanggapan dengan tepat. 7. Disajikan sebuah paragraf, peserta didik dapat menentukan permasalahan yang dibahas dalam teks dengan tepat. 8. Disajikan sebuah paragraf, peserta didik dapat menentukan kalimat pujian dalam teks dengan tepat. 9. Disajikan sebuah paragraf, peserta didik dapat menentukan kalimat kritikan dalam teks dengan tepat. 10. Disajikan sebuah paragraf, peserta didik dapat menentukan kalimat saran dalam teks dengan tepat. 11. Disajikan sebuah paragraf, peserta didik dapat menentukan tanggapan positif dalam teks dengan tepat. 12. Disajikan sebuah paragraf, peserta didik dapat menentukan hal yang ditanggapi dalam teks dengan tepat. 13. Disajikan sebuah paragraf, peserta didik dapat menentukan bentuk tanggapan yang berupa pujian dengan tepat. 14. Disajikan sebuah paragraf, peserta didik dapat menentukan kalimat yang menyatakan ketidaksetujuan dengan tepat. 15. Disajikan dua buah paragraf, peserta didik dapat menentukan keunggulan buku dengan tepat. 16. Disajikan sebuah paragraf, peserta didik dapat menentukan kekurangan buku dengan tepat. 17. Disajikan sebuah paragraf, peserta didik dapat menentukan bagian teks dengan tepat. 18. Disajikan sebuah paragraf, peserta didik dapat menentukan bagian teks dengan tepat. 19. Disajikan sebuah paragraf, peserta didik dapat menentukan jenis karya yang ditanggapi dengan tepat. 20. Disajikan sebuah paragraf, peserta didik dapat menentukan kalimat yang menyatakan dukungan dengan tepat. 21. Disajikan sebuah paragraf, peserta didik dapat menentukan keberpihakan penulis dengan tepat. 22. Disajikan sebuah paragraf, peserta didik dapat menentukan kalimat tidak efektif dengan tepat. 23. Disajikan sebuah paragraf, peserta didik dapat menentukan kalimat yang menggunakan konjungsi antarkalimat dengan tepat. 24. Disajikan empat kalimat, peserta didik dapat menentukan kalimat yang menggunakan kata rujukan dengan tepat. 25. Disajikan sebuah paragraf, peserta didik dapat menentukan kalimat yang menggunakan konjungsi kausatif dengan tepat. |
3.4. Menelaah struktur, kebahasaan, dan isi teks cerita inspiratif. | Isi teks Tema Isi teks Isi teks Unsur teks Bukti latar Suasana Makna simbol Bagian teks Bagian teks Latar Watak tokoh Nilai moral Nilai kehidupan Amanat Sudut pandang Konflik Makna kata Majas personifikasi Bukti watak Kalimat langsung Paragraf Kalimat deskriptif Keterangan waktu Majas metafora | 26. Disajikan sebuah paragraf, peserta didik dapat menentukan isi teks dengan tepat. 27. Disajikan sebuah paragraf, peserta didik dapat menentukan tema dengan tepat. 28. Disajikan sebuah paragraf, peserta didik dapat menentukan pernyataan yang tidak sesuai teks dengan tepat. 29. Disajikan sebuah paragraf, peserta didik dapat menentukan pertanyaan yang jawabannya terdapat dalam teks dengan tepat. 30. Disajikan sebuah paragraf, peserta didik dapat menentukan unsur teks cerita inspiratif dengan tepat. 31. Disajikan sebuah paragraf, peserta didik dapat menentukan bukti latar dengan tepat. 32. Disajikan sebuah paragraf, peserta didik dapat menentukan perasaan yang muncul setelah membaca teks dengan tepat. 33. Disajikan sebuah paragraf, peserta didik dapat menentukan makna simbol dalam teks dengan tepat. 34. Disajikan sebuah paragraf, peserta didik dapat menentukan bagian teks dengan tepat. 35. Disajikan sebuah paragraf, peserta didik dapat menentukan bagian teks dengan tepat. 36. Disajikan sebuah paragraf, peserta didik dapat menentukan latar cerita dengan tepat. 37. Disajikan dua buah paragraf, peserta didik dapat menentukan perbedaan karakter tokoh dalam teks dengan tepat. 38. Disajikan sebuah paragraf, peserta didik dapat menentukan nilai moral yang terkandung dalam teks dengan tepat. 39. Disajikan sebuah paragraf, peserta didik dapat menentukan nilai kehidupan yang terkandung dalam teks dengan tepat. 40. Disajikan sebuah paragraf, peserta didik dapat menentukan amanat dengan tepat 41. Disajikan sebuah paragraf, peserta didik dapat menentukan sudut pandang pengarang dengan tepat. 42. Disajikan sebuah paragraf, peserta didik dapat menentukan konflik dalam teks dengan tepat. 43. Disajikan sebuah paragraf, peserta didik dapat menentukan makna kata dengan tepat. 44. Disajikan sebuah paragraf, peserta didik dapat menentukan majas personifikasi dengan tepat. 45. Disajikan sebuah paragraf, peserta didik dapat menentukan bukti watak tokoh dalam teks dengan tepat. 46. Disajikan sebuah paragraf, peserta didik dapat menentukan kalimat langsung yang terdapat dalam teks dengan tepat. 47. Disajikan bebrapa kalimat acak, peserta didik dapat menyusun kalimat menjadi paragraf padu dengan tepat. 48. Disajikan sebuah paragraf, peserta didik dapat menentukan kalimat deskriptif dengan tepat. 49. Disajikan sebuah paragraf, peserta didik dapat menentukan kalimat yang menggunakan keterangan waktu dalam teks dengan tepat. 50. Disajikan sebuah paragraf, peserta didik dapat menentukan majas metafora yang terdapat dalam teks dengan tepat. |