Kisi - Kisi Penilaian Akhir Semester | PAS Kelas 9 2020 - 2021 IPS
| NO | KOMPETENSI   INTI | KOMPETENSI   DASAR | MATERI | INDIKATOR   SOAL | 
| 1. | 3. Memahami dan  menerapkanpengetahuan faktual,konseptual,   proseduraldan metakognitif pada tingkat teknis dan spesifik sederhana   berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,   budaya dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan dan kenegaraan terkait fenomena   dan kejadian tampak mata. | 3.3 Menganalisis   ketergantungan antarruang dilihat darikonsep ekonomi(produksi,   distibusi,konsumsi,harga,pasar) dan pengaruhnya terhadap migrasi   penduduk,transportasi,lembaga sosial dan ekonomi,pekerjaan, pendidikan   dankesejahteraan masyarakat. | pengertian   perdagangan Internasional | menjelaskan   pengertian perdagangan internasional | 
| 2. |  |  | Perbedaan   perdagangan dalam negeri dengan perdagangan internasional | mengidentifikasi perbedaan  antara perdagangan  dalam negeri dengan perdagangan   internasional | 
| 3. |  |  | faktor pendorong perdagangan   internasional | menjelaskan faktor yang   mendorong perdagangan internasional | 
| 4. |  |  | faktor penghambat perdagangan   internasional | menjelaskan faktor yang   menghambat perdagangan internnasional | 
| 5. |  |  |  | menerapkan kebijakan yang diberlakukan   pemerintah dalam perdagangan  internasional | 
| 6. |  |  | manfaat perdagangan   internasional | menjelaskan manfaat perdagangan internasional | 
| 7. |  |  | dampak perdagangan   internasional | menganalisa dampak perdagangan   internasional bagi kehidupan negara | 
| 8. |  |  | pengertian ekonomi kreatif | menjelaskan pengertian ekonomi kreatif | 
| 9. |  |  | sub sektor ekonomi kreatif | mendiskripsikan gambar bentuk sub   sektor ekonomi kreatif | 
| 10. |  |  | kegiatan ekonomi kreatif | mengidentifikasi dampak ekonomi   kreatif | 
| 11. |  |  | strategi pemerintah dalam   pengembangan ekonomi kreatif | menjelaskan strategi pemerintah dalam   pengembangan ekonomi kreatif | 
| 12. |  |  | memanfaatkan persaingan sebagai   peluang meraih keunggulan ekonomi | membedakan antara keunggulan absolut   dengan keunggulan komparatif | 
| 13. |  |  |  | mengidentifikasi potensi yang dimiliki   Indonesia dalam  menghadapi persaingan   pasar bebas | 
| 14. |  |  | pengembangan pusat - pusat keunggulan   ekonomi untuk kesejahteraan masyarakat | mengidentifikasi pusat - pusat   keunggulan ekonomi di Indonesia | 
| 15. |  |  | pengaruh pusat-pusat keunggulan   ekonomi | mengidentifikasi pengaruh pusat -   pusat keunggulan ekonomi di Indonesia | 
| 16. |  |  | pasar bebas | menjelaskan pengertian perdagangan   bebas | 
| 17. |  |  | Organisasi ekonomi   dalamperdagangan bebas | mengidentifikasi organisasi ekonomi   yang berkaitan dengan perdagangan bebas | 
| 18. |  |  |  | menjelaskan  latar belakang berdirinya  organisasi ekonomi dalam  rangka perdagangan bebas | 
| 19. |  |  |  | mengidentifikasi dampak perdagangan   bebas | 
| 20. |  | 3.4 Menganalisa kronologi,   perubahan dan kesinambungan ruang ( geografis,politik, ekonomi, pendidikan,   sosial, budaya) dari awal kemerdekaan sampai awal reformasi | perubahan dan kesinambungan   masyarakat Indonesia pada masa awal kemerdekaan | menjelaskan  tujuan Jepang memberikan janji kemerdekaan   kepada Indonesia | 
| 21. |  |  |  | menjelaskan tujuan pembentukan Badan   Penyelidik Usaha-usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia | 
| 22. |  |  |  | menyimpulkan  manfaat peristiwa Rengasdengklok | 
| 23. |  |  |  | mengidentifikasi tokoh penyusunan teks   proklamasi | 
| 24. |  |  |  | mengidentifikasi perjuangan fisik   mempertahankan kemerdekaan | 
| 25. |  |  |  | Mengidentifikasi pada peta pengakuan   wilayah Indonesia melalui perjuangan    diplomasi | 
| 26 |  |  |  | mendiskripsikan  arti penting perjuangan mempertahankan   kemerdekaan  melalui perjuangan   diplomasi | 
| 27. |  |  |  | mengidentifikasi perkembangan politik   Indonesia pada masa setelah    kemerdekaan | 
| 28. |  |  |  | menjelaskan  kebijakan bidang ekonomi pada Awal Kemerdekaan | 
| 29. |  |  |  | mengidentifikasi tujuan   gangguan keamanan yang  terjadi  pada awal kemerdekaan | 
| 30. |  |  |  | mengidentifikasi ciri kehidupan   masyarakat pada masa setelah kemerdekaan | 
| 31. |  |  | perubahan dan kesinambungan masyarakat   Indonesia pada masa Demokrasi Liberal | mengidentifikasi ciri pemerintahan   pada masa Demokrasi Liberal | 
| 32. |  |  |  | menganalisa penyebab ketidakstabilan   politik pada masa Demokrasi Liberal | 
| 33. |  |  |  | mengidentifikasi pelaksanaan   Pemilu  1955 | 
| 34. |  |  |  | mengidentifikasi   tujuan   gangguan keamanan yang   terjadi  pada masa Demokrasi Liberal | 
| 35. |  |  |  | menjelaskan   kebijakan ekonomi pada masa Demokrasi Liberal | 
| 36. |  |  | perubahan dan kesinambungan masyarakat Indonesia pada masa   Demokrasi Terpimpin | mengidentifikasi Dekrit Presiden   5 Juli 1959 | 
| 37. |  |  |  | mengidentifikasi penyimpangan   politik pada masa Demokrasi Terpimpin | 
| 38. |  |  |  | mengidentifikasi penyimpangan   politik luar negeri pada masa Demokrasi Terpimpin | 
| 39. |  |  |  | menjelaskan kebijakan ekonomi   pada masa Demokrasi Terpimpin | 
| 40.. |  |  | perubahan   dan kesinambungan masyarakat Indonesia pada masa Orde Baru | menjelaskan kebijakan politik   pada masa Orde Baru | 
| 41. |  |  |  | menjelaskan kebijakan ekonomi   pada masa Orde Baru | 
|  |  |  |  | mengidentifikasi ciri kehidupan   masyarakat pada masa Orde Baru | 
| 42.. |  |  | perubahan dan kesinambungan masyarakat   Indonesia pada masa Reformasi | Mendeskripsikan lahirnya Reformasi | 
| 43. |  |  |  | menjelaskan kebijakan ekonomi   pada masa Reformasi | 
| 44. |  |  |  | menjelaskan kehidupan budaya   pada masa Reformasi |