Kisi - Kisi Penilaian Akhir Semester | PAS Kelas 9 2020 - 2021 IPS
NO | KOMPETENSI INTI | KOMPETENSI DASAR | MATERI | INDIKATOR SOAL |
1. | 3. Memahami dan menerapkanpengetahuan faktual,konseptual, proseduraldan metakognitif pada tingkat teknis dan spesifik sederhana berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan dan kenegaraan terkait fenomena dan kejadian tampak mata. | 3.3 Menganalisis ketergantungan antarruang dilihat darikonsep ekonomi(produksi, distibusi,konsumsi,harga,pasar) dan pengaruhnya terhadap migrasi penduduk,transportasi,lembaga sosial dan ekonomi,pekerjaan, pendidikan dankesejahteraan masyarakat. | pengertian perdagangan Internasional | menjelaskan pengertian perdagangan internasional |
2. | | | Perbedaan perdagangan dalam negeri dengan perdagangan internasional | mengidentifikasi perbedaan antara perdagangan dalam negeri dengan perdagangan internasional |
3. | | | faktor pendorong perdagangan internasional | menjelaskan faktor yang mendorong perdagangan internasional |
4. | | | faktor penghambat perdagangan internasional | menjelaskan faktor yang menghambat perdagangan internnasional |
5. | | | | menerapkan kebijakan yang diberlakukan pemerintah dalam perdagangan internasional |
6. | | | manfaat perdagangan internasional | menjelaskan manfaat perdagangan internasional |
7. | | | dampak perdagangan internasional | menganalisa dampak perdagangan internasional bagi kehidupan negara |
8. | | | pengertian ekonomi kreatif | menjelaskan pengertian ekonomi kreatif |
9. | | | sub sektor ekonomi kreatif | mendiskripsikan gambar bentuk sub sektor ekonomi kreatif |
10. | | | kegiatan ekonomi kreatif | mengidentifikasi dampak ekonomi kreatif |
11. | | | strategi pemerintah dalam pengembangan ekonomi kreatif | menjelaskan strategi pemerintah dalam pengembangan ekonomi kreatif |
12. | | | memanfaatkan persaingan sebagai peluang meraih keunggulan ekonomi | membedakan antara keunggulan absolut dengan keunggulan komparatif |
13. | | | | mengidentifikasi potensi yang dimiliki Indonesia dalam menghadapi persaingan pasar bebas |
14. | | | pengembangan pusat - pusat keunggulan ekonomi untuk kesejahteraan masyarakat | mengidentifikasi pusat - pusat keunggulan ekonomi di Indonesia |
15. | | | pengaruh pusat-pusat keunggulan ekonomi | mengidentifikasi pengaruh pusat - pusat keunggulan ekonomi di Indonesia |
16. | | | pasar bebas | menjelaskan pengertian perdagangan bebas |
17. | | | Organisasi ekonomi dalamperdagangan bebas | mengidentifikasi organisasi ekonomi yang berkaitan dengan perdagangan bebas |
18. | | | | menjelaskan latar belakang berdirinya organisasi ekonomi dalam rangka perdagangan bebas |
19. | | | | mengidentifikasi dampak perdagangan bebas |
20. | | 3.4 Menganalisa kronologi, perubahan dan kesinambungan ruang ( geografis,politik, ekonomi, pendidikan, sosial, budaya) dari awal kemerdekaan sampai awal reformasi | perubahan dan kesinambungan masyarakat Indonesia pada masa awal kemerdekaan | menjelaskan tujuan Jepang memberikan janji kemerdekaan kepada Indonesia |
21. | | | | menjelaskan tujuan pembentukan Badan Penyelidik Usaha-usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia |
22. | | | | menyimpulkan manfaat peristiwa Rengasdengklok |
23. | | | | mengidentifikasi tokoh penyusunan teks proklamasi |
24. | | | | mengidentifikasi perjuangan fisik mempertahankan kemerdekaan |
25. | | | | Mengidentifikasi pada peta pengakuan wilayah Indonesia melalui perjuangan diplomasi |
26 | | | | mendiskripsikan arti penting perjuangan mempertahankan kemerdekaan melalui perjuangan diplomasi |
27. | | | | mengidentifikasi perkembangan politik Indonesia pada masa setelah kemerdekaan |
28. | | | | menjelaskan kebijakan bidang ekonomi pada Awal Kemerdekaan |
29. | | | | mengidentifikasi tujuan gangguan keamanan yang terjadi pada awal kemerdekaan |
30. | | | | mengidentifikasi ciri kehidupan masyarakat pada masa setelah kemerdekaan |
31. | | | perubahan dan kesinambungan masyarakat Indonesia pada masa Demokrasi Liberal | mengidentifikasi ciri pemerintahan pada masa Demokrasi Liberal |
32. | | | | menganalisa penyebab ketidakstabilan politik pada masa Demokrasi Liberal |
33. | | | | mengidentifikasi pelaksanaan Pemilu 1955 |
34. | | | | mengidentifikasi tujuan gangguan keamanan yang terjadi pada masa Demokrasi Liberal |
35. | | | | menjelaskan kebijakan ekonomi pada masa Demokrasi Liberal |
36. | | | perubahan dan kesinambungan masyarakat Indonesia pada masa Demokrasi Terpimpin | mengidentifikasi Dekrit Presiden 5 Juli 1959 |
37. | | | | mengidentifikasi penyimpangan politik pada masa Demokrasi Terpimpin |
38. | | | | mengidentifikasi penyimpangan politik luar negeri pada masa Demokrasi Terpimpin |
39. | | | | menjelaskan kebijakan ekonomi pada masa Demokrasi Terpimpin |
40.. | | | perubahan dan kesinambungan masyarakat Indonesia pada masa Orde Baru | menjelaskan kebijakan politik pada masa Orde Baru |
41. | | | | menjelaskan kebijakan ekonomi pada masa Orde Baru |
| | | | mengidentifikasi ciri kehidupan masyarakat pada masa Orde Baru |
42.. | | | perubahan dan kesinambungan masyarakat Indonesia pada masa Reformasi | Mendeskripsikan lahirnya Reformasi |
43. | | | | menjelaskan kebijakan ekonomi pada masa Reformasi |
44. | | | | menjelaskan kehidupan budaya pada masa Reformasi |