Kisi - Kisi Penilaian Akhir Semester | PAS Kelas 9 2020 - 2021 Bahasa Inggris
| NO | KI | KOMPETENSI DASAR | MATERI | INDIKATOR | 
| 1 | 3.   Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural)   berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,   budaya terkait fenomena dan kejadian yang tampak mata. | 3.7 membandingkan   fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks naratif   lisan dan tulis dengan memberi dan meminta informasi terkait fairytales,   pendek dan sederhana, sesuai dengan konteks penggunaannya | -         Narrative Text | Disajikan   sebuah text Narrative , peserta didik dapat menentukan informasi tertentu yang   terdapat pada text. | 
| 2.    | 3.   Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural)   berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,   budaya terkait fenomena dan kejadian yang tampak mata. | 3.7 membandingkan   fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks naratif   lisan dan tulis dengan memberi dan meminta informasi terkait fairytales,   pendek dan sederhana, sesuai dengan konteks penggunaannya | -         Narrative Text | Disajikan   sebuah text Narrative , peserta didik dapat menentukan informasi rinci yang   terdapat pada text. | 
| 3. | 3.   Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural)   berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,   budaya terkait fenomena dan kejadian yang tampak mata. | 3.7 membandingkan   fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks naratif   lisan dan tulis dengan memberi dan meminta informasi terkait fairytales,   pendek dan sederhana, sesuai dengan konteks penggunaannya | -         Narrative Text | Disajikan   sebuah text Narrative , peserta didik dapat menentukan informasi tertentu   yang terdapat pada text. | 
| 4. | 3.   Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural)   berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,   budaya terkait fenomena dan kejadian yang tampak mata. | 3.7 membandingkan   fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks naratif   lisan dan tulis dengan memberi dan meminta informasi terkait fairytales,   pendek dan sederhana, sesuai dengan konteks penggunaannya | -         Narrative Text | Disajikan   sebuah text Narrative , peserta didik dapat menentukan informasi rinci yang   terdapat pada text. | 
| 5. | 3.   Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural)   berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,   budaya terkait fenomena dan kejadian yang tampak mata. | 3.7 membandingkan   fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks naratif   lisan dan tulis dengan memberi dan meminta informasi terkait fairytales,   pendek dan sederhana, sesuai dengan konteks penggunaannya | -         Narrative Text | Disajikan   sebuah text Narrative , peserta didik dapat menentukan informasi tertentu   yang terdapat pada text. | 
| 6. | 3.   Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural)   berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,   budaya terkait fenomena dan kejadian yang tampak mata. | 3.7 membandingkan   fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks naratif   lisan dan tulis dengan memberi dan meminta informasi terkait fairytales,   pendek dan sederhana, sesuai dengan konteks penggunaannya | -         Narrative Text | Disajikan   sebuah text Narrative , peserta didik dapat menentukan tujuan komunikatif   yang terdapat pada text. | 
| 7 | 3.   Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural)   berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,   budaya terkait fenomena dan kejadian yang tampak mata | 3.9   membandingkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa   teks information report lisan dan tulis dengan memberi dan meminta informasi   terkait mata pelajaran lain di Kelas IX, pendek dan sederhana, sesuai dengan   konteks penggunaannya | -         Report Text | Disajikan   sebuah text Report , peserta didik dapat menentukan informasi rinci yang   terdapat pada text. | 
| 8. | 3.   Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural)   berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,   budaya terkait fenomena dan kejadian yang tampak mata | 3.9   membandingkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa   teks information report lisan dan tulis dengan memberi dan meminta informasi   terkait mata pelajaran lain di Kelas IX, pendek dan sederhana, sesuai dengan   konteks penggunaannya | -         Report Text | Disajikan   sebuah text Report , peserta didik dapat menentukan informasi tertentu yang   terdapat pada text. | 
| 9. | 3.   Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan   rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait   fenomena dan kejadian yang tampak mata | 3.9   membandingkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa   teks information report lisan dan tulis dengan memberi dan meminta informasi   terkait mata pelajaran lain di Kelas IX, pendek dan sederhana, sesuai dengan   konteks penggunaannya | -         Report Text | Disajikan   sebuah text Report , peserta didik dapat menentukan informasi tertentu yang   terdapat pada text. | 
| 10. | 3.   Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural)   berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,   budaya terkait fenomena dan kejadian yang tampak mata | 3.9   membandingkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa   teks information report lisan dan tulis dengan memberi dan meminta informasi   terkait mata pelajaran lain di Kelas IX, pendek dan sederhana, sesuai dengan   konteks penggunaannya | -         Report Text | Disajikan   sebuah text Report , peserta didik dapat menentukan informasi tertentu yang   terdapat pada text. | 
| 11. | 3.   Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural)   berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,   budaya terkait fenomena dan kejadian yang tampak mata | 3.9   membandingkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa   teks information report lisan dan tulis dengan memberi dan meminta informasi   terkait mata pelajaran lain di Kelas IX, pendek dan sederhana, sesuai dengan   konteks penggunaannya | -         Report Text | Disajikan   sebuah text Report , peserta didik dapat menentukan rujukan kata yang   terdapat pada text. | 
| 12. | 3.   Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural)   berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,   budaya terkait fenomena dan kejadian yang tampak mata. | 3.7 membandingkan   fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks naratif   lisan dan tulis dengan memberi dan meminta informasi terkait fairytales,   pendek dan sederhana, sesuai dengan konteks penggunaannya | -         Narrative Text | Disajikan   sebuah text Narrative tentang Shinta dan Rama , peserta didik dapat   menentukan informasi rinci yang terdapat pada text. | 
| 13. | 3.   Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural)   berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,   budaya terkait fenomena dan kejadian yang tampak mata. | 3.7 membandingkan   fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks naratif   lisan dan tulis dengan memberi dan meminta informasi terkait fairytales,   pendek dan sederhana, sesuai dengan konteks penggunaannya | -         Narrative Text | Disajikan   sebuah text Narrative , peserta didik dapat menentukan pikiran utama yang   terdapat pada text. | 
| 14. | 3. Memahami dan menerapkan pengetahuan   (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang   ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian yang   tampak mata. | 3.7 membandingkan   fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks naratif   lisan dan tulis dengan memberi dan meminta informasi terkait fairytales,   pendek dan sederhana, sesuai dengan konteks penggunaannya | -         Narrative Text | Disajikan   sebuah text Narrative Shinta dan Rama , peserta didik dapat menentukan pesan   moral yang terdapat pada text. | 
| 15. |   3.   Memahami   dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan   rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait   fenomena dan kejadian yang tampak mata. | 3.11   menafsirkan fungsi sosial dan unsur kebahasaan dalam lirik lagu terkait   kehidupan remaja SMP/MTs | -         Lirik Lagu | Disajikan   sebuah Lirik Lagu yang berjudul I Have a Dream, peserta didik dapat   menentukan pesan moral yang terdapat pada lirik lagu. | 
| 16. |   3.   Memahami   dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan   rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait   fenomena dan kejadian yang tampak mata. | 3.11   menafsirkan fungsi sosial dan unsur kebahasaan dalam lirik lagu terkait   kehidupan remaja SMP/MTs | -         Lirik Lagu | Disajikan   sebuah Lirik Lagu yang berjudul I Have a Dream, peserta didik dapat   menentukan makna kata yang terdapat pada lirik lagu. | 
| 17. |   3.   Memahami   dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan   rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait   fenomena dan kejadian yang tampak mata. | 3.11   menafsirkan fungsi sosial dan unsur kebahasaan dalam lirik lagu terkait   kehidupan remaja SMP/MTs | -         Lirik Lagu | Disajikan   sebuah Lirik Lagu yang berjudul I Have a Dream, peserta didik dapat   menentukan makna kata yang terdapat pada lirik lagu. | 
| 18. |   3.   Memahami   dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan   rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait   fenomena dan kejadian yang tampak mata. | 3.11   menafsirkan fungsi sosial dan unsur kebahasaan dalam lirik lagu terkait   kehidupan remaja SMP/MTs | -         Lirik Lagu | Disajikan   sebuah Lirik Lagu yang berjudul I Have a Dream, peserta didik dapat   menentukan pesan moral yang terdapat pada lirik lagu. | 
| 19. | 3.   Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural)   berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,   budaya terkait fenomena dan kejadian yang tampak mata. | 3.7 membandingkan   fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks naratif   lisan dan tulis dengan memberi dan meminta informasi terkait fairytales,   pendek dan sederhana, sesuai dengan konteks penggunaannya | -         Narrative Text | Disajikan sebuah text Narrative yang   berjudul The Fox   and The Grapes, peserta   didik dapat menentukan informasi tertentu yang terdapat pada text. | 
| 20. | 3.   Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural)   berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,   budaya terkait fenomena dan kejadian yang tampak mata. | 3.7 membandingkan   fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks naratif   lisan dan tulis dengan memberi dan meminta informasi terkait fairytales,   pendek dan sederhana, sesuai dengan konteks penggunaannya | -         Narrative Text | Disajikan sebuah text Narrative yang   berjudul The Fox   and The Grapes, peserta   didik dapat menentukan informasi tersirat yang terdapat pada text. | 
| 21. | 3.   Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural)   berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,   budaya terkait fenomena dan kejadian yang tampak mata. | 3.7 membandingkan   fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks naratif   lisan dan tulis dengan memberi dan meminta informasi terkait fairytales,   pendek dan sederhana, sesuai dengan konteks penggunaannya | -         Narrative Text | Disajikan sebuah text Narrative yang   berjudul The Fox   and The Grapes, peserta   didik dapat menentukan informasi tersirat yang terdapat pada text. | 
| 22. | 3.   Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural)   berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya   terkait fenomena dan kejadian yang tampak mata. | 3.7 membandingkan   fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks naratif   lisan dan tulis dengan memberi dan meminta informasi terkait fairytales,   pendek dan sederhana, sesuai dengan konteks penggunaannya | -         Narrative Text | Disajikan sebuah text Narrative yang   berjudul The Fox   and The Grapes, peserta   didik dapat menentukan pesan moral yang terdapat pada text. | 
| 23. | 3.   Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan   rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait   fenomena dan kejadian yang tampak mata | 3.9   membandingkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa   teks information report lisan dan tulis dengan memberi dan meminta informasi   terkait mata pelajaran lain di Kelas IX, pendek dan sederhana, sesuai dengan   konteks penggunaannya | -         Report Text | Disajikan   sebuah text Report , peserta didik dapat menentukan informasi tertentu yang   terdapat pada text. | 
| 24. | 3.   Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural)   berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,   budaya terkait fenomena dan kejadian yang tampak mata | 3.9   membandingkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa   teks information report lisan dan tulis dengan memberi dan meminta informasi   terkait mata pelajaran lain di Kelas IX, pendek dan sederhana, sesuai dengan   konteks penggunaannya | -         Report Text | Disajikan   sebuah text Report , peserta didik dapat menentukan informasi tertentu yang   terdapat pada text. | 
| 25. | 3.   Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural)   berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,   budaya terkait fenomena dan kejadian yang tampak mata | 3.9   membandingkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa   teks information report lisan dan tulis dengan memberi dan meminta informasi   terkait mata pelajaran lain di Kelas IX, pendek dan sederhana, sesuai dengan   konteks penggunaannya | -         Report Text | Disajikan   sebuah text Report , peserta didik dapat menentukan informasi rinci yang   terdapat pada text. | 
| 26. | 3.   Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural)   berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,   budaya terkait fenomena dan kejadian yang tampak mata | 3.9   membandingkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa   teks information report lisan dan tulis dengan memberi dan meminta informasi   terkait mata pelajaran lain di Kelas IX, pendek dan sederhana, sesuai dengan   konteks penggunaannya | -         Report Text | Disajikan   sebuah text Report , peserta didik dapat menentukan informasi tertentu yang   terdapat pada text. | 
| 27. | 3.   Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural)   berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,   budaya terkait fenomena dan kejadian yang tampak mata | 3.9   membandingkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks   information report lisan dan tulis dengan memberi dan meminta informasi   terkait mata pelajaran lain di Kelas IX, pendek dan sederhana, sesuai dengan   konteks penggunaannya | -         Report Text | Disajikan   sebuah text Report , peserta didik dapat menentukan makna yang terdapat pada   text. | 
| 28.    | 3.   Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural)   berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,   budaya terkait fenomena dan kejadian yang tampak mata | 3.9   membandingkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa   teks information report lisan dan tulis dengan memberi dan meminta informasi   terkait mata pelajaran lain di Kelas IX, pendek dan sederhana, sesuai dengan   konteks penggunaannya | -         Report Text | Disajikan   sebuah text Report , peserta didik dapat menentukan informasi tertentu  yang terdapat pada text. | 
| 29. | 3.   Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural)   berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya   terkait fenomena dan kejadian yang tampak mata | 3.9   membandingkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa   teks information report lisan dan tulis dengan memberi dan meminta informasi   terkait mata pelajaran lain di Kelas IX, pendek dan sederhana, sesuai dengan   konteks penggunaannya | -         Report Text | Disajikan   sebuah text Report tentang Covid 19 , peserta didik dapat menemukan gambaran   umum yang terdapat pada text. | 
| 30. | 3.   Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural)   berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,   budaya terkait fenomena dan kejadian yang tampak mata | 3.9   membandingkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa   teks information report lisan dan tulis dengan memberi dan meminta informasi   terkait mata pelajaran lain di Kelas IX, pendek dan sederhana, sesuai dengan   konteks penggunaannya | -         Report Text | Disajikan   sebuah text Report , peserta didik dapat menemukan pokok pikiran yang   terdapat pada text. | 
| 31. | 3.   Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural)   berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,   budaya terkait fenomena dan kejadian yang tampak mata | 3.9   membandingkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa   teks information report lisan dan tulis dengan memberi dan meminta informasi   terkait mata pelajaran lain di Kelas IX, pendek dan sederhana, sesuai dengan   konteks penggunaannya | -         Report Text | Disajikan   sebuah text Report , peserta didik dapat menentukan tujuan komunikatif  yang terdapat pada text. | 
| 32. | 4.   Mengolah,  menyaji, dan menalar dalam ranah   konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi dan membuat), dan   ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang)sesuai   dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut   pandang/teori. | 4.7 Menangkap   makna secara kontekstual terkait fungsi sosial, struktur teks, dan unsur   kebahasaan teks naratif, lisan dan tulis, sangat pendek dan sederhana,terkait   fairy tales | -         Narrative Text | Disediakan   teks rumpang berbentuk teks Narrative, peserta didik dapat mengisi dengan   kata kerja yang disediakan. | 
| 33. | 4.   Mengolah,  menyaji, dan menalar dalam ranah   konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi dan membuat), dan   ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang)sesuai   dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut   pandang/teori. | 4.7 Menangkap   makna secara kontekstual terkait fungsi sosial, struktur teks, dan unsur   kebahasaan teks naratif, lisan dan tulis, sangat pendek dan sederhana,terkait   fairy tales | -         Narrative Text | Disediakan   teks rumpang berbentuk teks Narrative, peserta didik dapat mengisi dengan   kata kerja yang disediakan. | 
| 34. | 4.   Mengolah,  menyaji, dan menalar dalam ranah   konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi dan membuat), dan   ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang)sesuai   dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut   pandang/teori. | 4.7 Menangkap   makna secara kontekstual terkait fungsi sosial, struktur teks, dan unsur   kebahasaan teks naratif, lisan dan tulis, sangat pendek dan sederhana,terkait   fairy tales | -         Narrative Text | Disediakan   teks rumpang berbentuk teks Narrative, peserta didik dapat mengisi dengan   personal pronouns yang disediakan. | 
| 35. | 4.   Mengolah,  menyaji, dan menalar dalam ranah   konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi dan membuat), dan   ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang)sesuai   dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut   pandang/teori. | 4.7 Menangkap   makna secara kontekstual terkait fungsi sosial, struktur teks, dan unsur   kebahasaan teks naratif, lisan dan tulis, sangat pendek dan sederhana,terkait   fairy tales | -         Narrative Text | Disediakan   teks rumpang berbentuk teks Narrative, peserta didik dapat mengisi dengan   kata kerja yang disediakan. | 
| 36. | 4.   Mengolah,  menyaji, dan menalar dalam ranah   konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi dan membuat), dan   ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang)sesuai   dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut   pandang/teori. | 4.7 Menangkap   makna secara kontekstual terkait fungsi sosial, struktur teks, dan unsur   kebahasaan teks naratif, lisan dan tulis, sangat pendek dan sederhana,terkait   fairy tales | -         Narrative Text | Disediakan   teks rumpang berbentuk teks Narrative, peserta didik dapat mengisi dengan   kata kerja yang disediakan. | 
| 37. | 4.   Mengolah,  menyaji, dan menalar dalam ranah   konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi dan membuat), dan   ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang)sesuai   dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut   pandang/teori. | 4.7 Menangkap   makna secara kontekstual terkait fungsi sosial, struktur teks, dan unsur   kebahasaan teks naratif, lisan dan tulis, sangat pendek dan sederhana,terkait   fairy tales | -         Narrative Text | Disediakan   teks rumpang berbentuk teks Narrative, peserta didik dapat mengisi dengan   kata kerja yang disediakan. | 
| 38. | 3.   Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural)   berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,   budaya terkait fenomena dan kejadian yang tampak mata | 3. 11 menafsirkan fungsi sosial dan unsur   kebahasaan dalam lirik lagu terkait kehidupan remaja SMP/MTs | -         Lirik Lagu | Disajikan   Lirik lagu dengan judul Daddy, peserta didik menemukan makna lirik lagu yang   terdapat pada lagu tersebut. | 
| 39. | 3.   Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural)   berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,   budaya terkait fenomena dan kejadian yang tampak mata | 3. 11 menafsirkan fungsi sosial dan unsur   kebahasaan dalam lirik lagu terkait kehidupan remaja SMP/MTs | -         Lirik Lagu | Disajikan   Lirik lagu dengan judul Daddy, peserta didik menentukan rujukan kata yang   terdapat pada lagu tersebut. | 
| 40. | 3.   Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural)   berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,   budaya terkait fenomena dan kejadian yang tampak mata | 3. 11 menafsirkan fungsi sosial dan unsur   kebahasaan dalam lirik lagu terkait kehidupan remaja SMP/MTs | -         Lirik Lagu | Disajikan   Lirik lagu dengan judul Daddy, peserta didik menemukan makna kata yang   terdapat pada lagu tersebut. | 
| 41. | 4.   Mengolah,  menyaji, dan menalar dalam ranah   konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi dan membuat), dan   ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang)sesuai   dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut   pandan g/teori. | 4.9.2 menyusun teks information   Report lisan dan tulis, sangat pendek dan sederhana, terkait topik   yang tercakup dalam mata pelajaran lain di   Kelas IX, dengan memperhatikan fungsisosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan, secara benar dan sesuai   konteks. | -         Report Text | Disajikan   sebuah teks rumpang, peserta didik dapat menentukan kata kerja yang tepat   untuk melengkapi teks rumpang berbentuk Report Text sederhana. | 
| 42 | 4.   Mengolah,  menyaji, dan menalar dalam ranah   konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi dan membuat), dan   ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang)sesuai   dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut   pandan g/teori. | 4.9.2 menyusun teks information   Report lisan dan tulis, sangat pendek dan sederhana, terkait topik   yang tercakup dalam mata pelajaran lain di   Kelas IX, dengan memperhatikan fungsisosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan, secara benar dan sesuai   konteks. | -         Report Text | Disajikan   sebuah teks rumpang, peserta didik dapat menentukan kata yang tepat untuk   melengkapi teks rumpang berbentuk Report Text sederhana. | 
| 43 | 4.   Mengolah,  menyaji, dan menalar dalam ranah   konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi dan membuat), dan   ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang)sesuai   dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut   pandan g/teori. | 4.9.2 menyusun teks information   Report lisan dan tulis, sangat pendek dan sederhana, terkait topik   yang tercakup dalam mata pelajaran lain di   Kelas IX, dengan memperhatikan fungsisosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan, secara benar dan sesuai   konteks. | -         Report Text | Disajikan   sebuah teks rumpang, peserta didik dapat menentukan kata sifat yang tepat   untuk melengkapi teks rumpang berbentuk Report Text sederhana. | 
| 44 | 3.   Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural)   berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,   budaya terkait fenomena dan kejadian yang tampak mata. | 3.9   membandingkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa   teks information report lisan dan tulis dengan memberi dan meminta informasi   terkait mata pelajaran lain di Kelas IX, pendek dan sederhana, sesuai dengan   konteks penggunaannya | -         Report Text | Disajikan teks Report yang berjudul Water, peserta   didik dapat menentukan informasi tertentu dalam teks. | 
| 45 | 3.   Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural)   berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,   budaya terkait fenomena dan kejadian yang tampak mata. | 3.9   membandingkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa   teks information report lisan dan tulis dengan memberi dan meminta informasi   terkait mata pelajaran lain di Kelas IX, pendek dan sederhana, sesuai dengan   konteks penggunaannya | -         Report Text | Disajikan teks Report yang berjudul Water, peserta   didik dapat menentukan gambaran umum dalam teks. | 
| 46 | 3.   Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural)   berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,   budaya terkait fenomena dan kejadian yang tampak mata. | 3.9   membandingkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa   teks information report lisan dan tulis dengan memberi dan meminta informasi   terkait mata pelajaran lain di Kelas IX, pendek dan sederhana, sesuai dengan   konteks penggunaannya | -         Report Text | Disajikan teks Report yang berjudul Water, peserta   didik dapat menentukan rujukan kata dalam teks. | 
| 47. | 3.   Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural)   berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,   budaya terkait fenomena dan kejadian yang tampak mata. | 3.7 membandingkan   fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks naratif   lisan dan tulis dengan memberi dan meminta informasi terkait fairytales,   pendek dan sederhana, sesuai dengan konteks penggunaannya | -         Narrative Text | Disajikan sebuah text Narrative yang   berjudul a very old grandfather and his grand son  peserta didik dapat menentukan informasi rinci dari text.  | 
| 48. | 3.   Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural)   berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,   budaya terkait fenomena dan kejadian yang tampak mata. | 3.7 membandingkan   fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks naratif   lisan dan tulis dengan memberi dan meminta informasi terkait fairytales,   pendek dan sederhana, sesuai dengan konteks penggunaannya | -         Narrative Text | Disajikan sebuah text Narrative yang   berjudul a very old grandfather and his grand son  peserta didik dapat menentukan informasi rinci dari text. | 
| 49. | 3.   Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural)   berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,   budaya terkait fenomena dan kejadian yang tampak mata. | 3.7 membandingkan   fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks naratif   lisan dan tulis dengan memberi dan meminta informasi terkait fairytales,   pendek dan sederhana, sesuai dengan konteks penggunaannya | -         Narrative Text | Disajikan sebuah text Narrative yang   berjudul a very old grandfather and his grand son  peserta didik dapat menentukan informasi tertentu dari text. | 
| 50. | 3.   Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural)   berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,   budaya terkait fenomena dan kejadian yang tampak mata. | 3.7 membandingkan   fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks naratif   lisan dan tulis dengan memberi dan meminta informasi terkait fairytales,   pendek dan sederhana, sesuai dengan konteks penggunaannya | -         Narrative Text | Disajikan sebuah text Narrative yang   berjudul a very old grandfather and his grand son  peserta didik dapat menentukan rujukan dari text. |